Resep Nasi Kebuli Asli Arab Sederhana

Resep Nasi Kebuli Asli Arab Sederhana - Setelah kita kemarin mencoba untuk menyiapkan sajian lebaran mulai dari lontong sayur beserta pelengkap nya, hingga cara membuat ketupat yang bisa menggantikan lontong jika kita ingin mencoba yang lain dari lontong. Nah, sekarang kami coba akan memberikan salah satu resep khas Timur Tengah yang sudah menjadi tradisi bagi kita di Indonesia yaitu Nasi Kebuli.
Nasi kebuli biasanya disajikan dengan daging kambing, tapi terkadang banyak yang kurang menyukai kambing bisa menggantinya dengan daging sapi. Salah satu ciri masakan timur tengah adalah aroma rempah nya yang kuat, apalagi dengan taburan kismis serasa kita berada di Arab saat memakan nya. Ditambah dengan minyak samin membuat nasi kebuli ini sedikit berlemak, jadi hati-hati menggunakan minyak samin, sesuai kan dengan selera kita saja pada saat memakain nya. Yuk kita coba membuat nya yang bisa disajikan juga pada saat lebaran yang tinggal beberapa hari lagi.


Nasi Kebuli Daging Kambing

Bahan :

Nasi Kebuli Khas Arab
1 kg beras pilih yang pulen, cuci bersih
½ kg daging kambing muda atau bisa juga menggunakan daging sapi, potong sesuai selera
3 sdm kismis
5 siung bawang merah, iris tipis, kemudian goreng
2 sdm minyak samin
1 sdt garam
1 btg kayu manis
4 biji cengkeh
½ biji pala
2 bh bunga lawang
2 bh kapulaga
2 btg serai
5 lbr daun jeruk
2 lbr daun salam
1500 ml santan kental
Minyak dan garam secukupnya

Bumbu halus:
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 sdm ketumbar
1 sdt jintan halus
½ sdt adas manis
4 cm kunyit
2 cm jahe


Cara membuat nasi kebuli praktis

Sebelumnya terlebih dahulu kita tumis bumbu halus beserta kayu manis, cengkeh, pala, bunga lawang, kapulaga, serai, daun jeruk, daun salam dan garam hingga berbau harum dan matang.
Setelah itu kita masukkan potongan daging nya, masak sampai daging berubah warna kecoklatan.
Selanjutnya kita kukus beras yang telah kita cuci bersih tadi, setelah setengah matang kemudian masukkan nasi tadi, kemudian tumis beserta bumbu hingga beraroma harum, setelah itu masukkan kismis dan santan, kecilkan api. Aduk rata semua nya agar bumbu-bumbu nya menyatu. Tumis hingga nasi menjadi matang.
Setelah matang angkat dan kukus kembali selama lebih kurang 45 menit. Setlah 45 menit angkat dan tambahkan minyak samin, aduk hingga tercampur rata. Nasi Kebuli siap disajikan. Hangat lebih enak, atau masukkan rice cooker agar tetap hangat.
Nasi Kebuli Daging Sapi

Resep selanjutnya
Resep sebelumnya
Cara membuat ketupat
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Nasi Kebuli Asli Arab Sederhana

0 komentar:

Posting Komentar