Resep Cara Membuat Lontong Tahan Lama

Resep Cara Membuat Lontong Tahan Lama - Lontong merupakan makanana khas Indonesia yang selalu dirindukan oleh orang-orang Indonesia yang tinggal di luar negeri. Coba perhatikan begitu banyak peralatan dijual khusus untuk membuat lontong nya saja. Mulai dari lontong yang dimasak dengan menggunakan plastik, alumunium foil, cetakan lontong, semua nya untuk memudahkan bagi mereka yang itdak tinggal di Indonesia yang pasti kesulitan untuk mendapatkan daun pisang sebagai pembungkus lontong.
Kenapa mesti lontong? ya karena menu wajib saat lebaran adalah adanya lontong baik itu lontong sayur, lontong sate, lontong kupang, lontong cap go meh dan banyak lagi jenis yang lain nya. Dan menu khusus jika kita bertamu ke kedutaan kita di luar negeri dan yang paling dicari adalah lontong tersebut. Bayangin begitu fenomenal nya lontong tersebut. Tapi pernah terbayangkan tidak cara membuat lontong itu sendiri. Apalagi membuat lontong agar ia bisa tahan lama dan tidak cepat basi. Yuk ikuti cara nya.


Lontong Sayur

Bahan :

Daun pisang secukup nya, bersihkan kemudian dijemur sebentar hingga layu, potong sesuai selera
Beras dengan tekstur terbaik pulen, rendam dalam air dingin minimal 1 jam, takaran sesuai selera
Lidi secukupnya yang dipotong kecil dan lancip pada bagian ujungnya
Air panas, secukupnya


Cara Membuat Lontong Bungkus Daun Pisang :

Lontong Medan
Pertama sekali yang kita lakukan adalah menjemur daun pisang yang akan kita gunakan untuk membuat slinder nya terlebih dahulu. Biarkan daun pisang di jemur selama lebih kurang 30 menit, setelah potong-potong sesuai selera. Maksud nya besar kecil nya potongan daun akan mempengaruhi besar kecil nya lontong yang akan dihasilkan. Karena akan berbeda misal nya lontong ukuran kecil lebih banyak digunakan untuk paduan memakan sate, sementara untuk lontong ukuran besar kebanyakan dipakai untuk paduan sayuran dan jenis lauk lain nya.
Kemudian gulung daun pisang tersebut menyerupai slinder, setalah sematkan ujung bagian bawah nya dengan menggunakan lidi yang telah kita potong lancip dan tajam tadi. Fungsinya agar kita bisa memasukkan rendaman beras nya. Lakukan dengan benar agar pada saat dimasak mendapatkan hasil yang bagus tidak pecah dan matang yang sempurna. Kemudian masukkan beras yang telah kita rendam tadi kedalam sinder lontong nya sebanyak 1/2 dari tinggi slinder lontong nya. Saat dimasukkan beras lakukan dengan menguncang-guncang slinder lontong nya agar beras nya yang masuk benar-benar padat dibagian bawah nya. Jika sudah sematkan kembali bagian slinder lontong bagian atas nya dengan menggunakan lidi yang tadi juga. Kemudian susun lontong dalam keadaan berdiri
kedalam wadah panci untuk merebus lontong nya. Lakukan dengan hati-hati agar batangan lontong nya tidak jatuh pada saat direbus.
Masukkan air dingin kedalam wadah panci yang telah kita isi batangan lontong tadi sampai batangan lontong nya benar-benar terendam keseluruhan nya. Masak hingga lebih kurang selama 2 jam. Setelah 2 jam otomatis air rendaman nya pasti berkurang, kemudian masukkan kembali air hangat kedalam nya kembali hingga lontong terendam kembali. Tutup kembali panci dan biarkan lontong benar-benar matang dan kenyal.
Jika sudah angkat dan tiriskan batangan lontong tadi dengan menggunakan tirisan agar air rebusan nya bisa terpisahkan dan lontong benar-benar kering supaya tidak mudah basi. Biarkan batangan lontong nya dingin selama lebih kurang 30 menit supaya pada saat dipotong mendapatkan hasil yang bagus. Selamat mencoba.
Resep Lontong Enak

Resep selanjutnya

Resep sebelumnya
Carrot cake


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Cara Membuat Lontong Tahan Lama

1 komentar:

Posting Komentar