Resep Soto Tangkar Khas Betawi

Resep Soto Tangkar Khas Betawi - Pagi-pagi enak nya emang nyari makanan yang hangat-hangat untuk naikkin semangat. Rasa nya sop atau soto merupakan pilihan yang pas untuk nemani sarapan pagi ini. Bagaimana kalau kita nyobain Soto Tangkar. Ya, soto tangkar adalah salah satu makanan khas Betawi dari sejak dahulu. Kalau ditanya kenapa menggunakan iga, karena dulu nya nenek kita waktu zaman penjajahan sanggup nya hanya beli tulang iga, karena daging hanya bisa dimakan oleh kolonial karena harga nya yang mahal waktu itu.
Tapi saat ini soto tangkar tidak hanya berisikan iga saja, sekarang banyak dijual dengan isi beragam, dari mulai campuran jeroan. Aroma yang gurih dan khas repah memang bisa membangkitkan selera di pagi hari. Berminat mencoba?
Soto Tangkar Betawi

Bahan :
Soto Tangkar Khas Bogor
1 kg iga sapi yang ada daging nya
1 1/2 ltr air
1 btg serai, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk purut
3 cm kayu manis
250 ml santan kental dari 1 btr kelapa

Bumbu yang dihaluskan :
3 bh cabe merah
8 bh bawang merah
4 siung bawang utih
1 sdt jahe cincang
1 sdt kencur cincang
5 bh kemiri sangrai
1 sdm ketumbar sangrai
4 sdt jintan, sangrai
2 sdt merica bulat

Pelengkap :
Potongan tomat dan kentang rebus, Irisan daun bawang dan seledri, Jeruk limau, Kecap manis, Emping, Bawang Goreng, Sambel rawit rebus.


Cara membua Soto Tangkar Betawi


Soto Tangkar Bandung
Tumis terlebih dahulu semua bumbu halus dan kayu manis dengan menggunakan 3 sdm minyak goreng hingga beraroma harum. Kemudian rebus iga bersama dengan  bumbu yang telah kita tumis tadi berikut 1 sdm garam, daun salam, lengkuas, serai, dan daun jeruk purut. Bila iga telah empuk masukkan santan kental kedalam rebusan iga tadi. Masak dengan menggunakan api kecil sambil diaduk sesekali waktu hingga kuah nya terasa harum. Soto tangkar khas betawi siap disajikan dengan bahan pelengkap yang telah kita siapkan tadi.



Resep Sebelum nya
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Soto Tangkar Khas Betawi

0 komentar:

Posting Komentar