Resep Es Palu Butung Asli Makassar

Resep Es Palu Butung Asli Makassar - Minuman khas Palu Butung ini berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Selain Palu butung ada juga yang lain nya seperti Es Pisang Ijo yang berbahan dasar sama yaitu pisang. 
Jika kita tinggal di perkotaan, akan sangat sulit untuk menemukan kulier yang satu ini, Jadi dari pada susah lebih bagus kita buat sendiri saja ya. Bisa disajikan untuk menu berbuka puasa hari ini. 


Es Palu Butung Makassar

Bahan :
4 bh pisang kepok yang sudah masak berwanra kuning keemasan
50 gr tepung beras
1 sdm tepung terigu
600 ml santan dari 1/2 btr kelapa
Garam dan gula pasir secukup nya
1/3 sdt vanili bubuk
2 lbr daun pandan, remas terlebih dahulu kesimpulan dibuat simpul tali
Sirup pandan secukup nya
Es Batu atau es serut secukup nya


Cara membuat Palu Butung

Es Palu Butung Khas Makassar
Kukus terlebih dahulu pisang kepok hingga matang. Setelah matang keluarkan dari kukusan kemudian dingin sebentar, setelah dingin kupas kulit nya, kemudian potong sesuai selera. Sisihkan jika telah selesai dipotong. Sekarang larutkan tepung beras dengan 1/2 bagian santan yang ada, sisihkan.
Kemudian campurkan sisa santan berikut dengan pandan dan beri gula pasir secukup nya dan jangan lupa beri garam. Kemudian masak diatas api kecil saja, jangan lupa diaduk dan biarkan hingga mendidih.
Aduk larutan tepung beras tadi kemudian campurkan dengan tepung terigu, aduk rata kemudian masukkan kedalam santan yang telah mendidih tadi sambil terus diaduk hingga semua nya tercampur rata. Masak terus hingga adonan mengental dan matang. Tambahkan vanili bubuk, aduk rata kembali, jangan lupa matikan api nya.
Siapkan beberapa mangkok saji, kemudian tuang kan bubur kedalam mangkok, beri potongan pisang kemudian siram dengan sirop sesuai selera. Tambahkan es serut atau bisa juga es batu. Es Palu Butung Makassar siap disajikan.

Es Palu Butung Pisang Ijo



Resep Selanjutnya


Resep sebelum nya



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Es Palu Butung Asli Makassar

0 komentar:

Posting Komentar