Resep Arem-arem Isi Daging

Resep si Emak kali ini menyajikan Resep Arem-arem Isi Daging yang bisa menjadi pengganti sarapan. Banyak orang bertanya apa beda lemper dengan arem-arem padahal sama-sama dibuat dengan menggunakan bahan dasar beras. Nah, sebenar nya kalau Lemper hanya berisakan daging kalau arem-arem ini bisa diisi menu lengkap dengan sayuran, daging didalam nya. Jadi dijamin kalau kita mengkonsumsi arem-arem ini pasti akan kenyang.
Arem-arem Isi Daging

Di daerah Jawa Barat dan banten Arem-arem ini dikenal juga dengan nama Bakcang  yang asal nya berasal dari bahasa Tionghoa. Bak yang artinya daging sedangkan Cang artinya berisi daging. Jadi maksud nya makanan yang berisikan daging. Praktek nya ada juga yang berisikan sayuran ataupun mie. Berminat untuk membuat arem-arem isi daging?

Bahan :
Arem-arem Mie
600 gr beras, cuci bersih kemudian tiriskan
1250 ml santan dari 1/4 kelapa
2 lbr daun salam
1 sdt garam
Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Bahan Isi :
400 gr daging giling
75 gr wortel iris tipis
250 ml santan dari 1/4 kelapa
6 bh bawang merah, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
2 bh cabe merah besar, buang biji kemudian iris tipis
1 cm lengkuas, cincang halus
1 sdt garam
2 btg daun bawang, iris halus
2 sdm minyak untuk menumis


Cara membuat Arem-arem isi daging

Masak beras terlbih dahulu bersama dengan santan, daun salam dan garam secukupnya,
Arem-arem Solo
aduk hingga rata dan santan terserap habis kedalam beras. Kemudian angkat dan sisihkan. Selanjutnya kita buat untuk isi arem-arem nya. Panaskan minyak untuk menumis terlebih dahulu kemudian masukkan bawang merah, bawang putih dan cabe merah nya, tumis hingga harum. Kemudian masukkan daging giling nya dan sisa bahan lain nya. Aduk hingga tercampur semua dan tunggu hingga matang dan mengering. Kemudian angkat dan dinginkan.
Selanjutnya siapkan daun pisang yang masih muda, letakkan2 sdm beras yang telah dimasak dengan santan tadi, ratakan melebar. Kemudian beri adonan isi dan pastikan isi nya harus berada di tengah-tengah beras nya, setelah itu bungkus menyerupai lontong dan kaitkan dengan menggunakan lidi di ujung nya.
Kukus hingga matang selama lebih kurang 1 jam. Setelah matang angkat dan sajikan. Bisa disantap sebagai pengganti makan siang atau malam maupun pagi hari.
Arem-arem Ati Ampela


Resep Selanjutnya

Resep Sebelum nya
Kue Bola Ubi Isi Coklat
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Arem-arem Isi Daging

0 komentar:

Posting Komentar