Resep Rawon Setan Khas Jawa Timur

Resep Rawon Setan Khas Jawa Timur

Resep Rawon Setan Khas Jawa Timur -Di Surabaya ada tempat makan rawon setan yang sangat terkenal Rawon Setan Mbak Endang yang diambil dari nama pemilik nya yaitu Mbak Endang itu sendiri.Terkenal karena rasa nya yang super enak. Makanan khas dari Jawa Timur ini terbuat dari daging sapi seperti soto layaknya namun berkuah hitam atau coklat tua karena bumbunya menggunakan bahan baku kluwak, sedangkan daging sapi ada juga di tempat lain nya yang mencampurkan dengan jeroannya supaya terlihat lebih banyak. 
Resep Rawon Setan Khas Jawa Timur mbak endang ini sudah cukup komplit sayuran, seperti tauge / toge, ketimun dan keempukan daging yang sudah sangat terkenal walaupun dipotong-potong secara besar. Terkadang untuk menambah citarasa dia menambahkan pelengkap lain; empal daging, telur asin dll tak lupa tentu saja nasi dan sambal terasi. Bunda ingin tahu cara membuat Rawon Setan ini, yuk kita mulai cara membuat nya.

Bahan yang diperlukan :
500 gr tulang sapi
2 ltr air
1 kg daging, pilih yang untuk rawonan
7 sdm minyak goreng

Rempah rawon setan khas Jawa Timur :
3 lbr daun jeruk
1 sdt gula
1 sdt asam jawa
1 ptg jahe, dimemarkan
2 btg serai, dimemarkan
1 ptg lengkuas, dimemarkan
3 bh jeruk purut ambil kulit wanginya saja

Bumbu dihaluskan :

8 bh bawang putih
2 sdm ketumbar
1 sdm garam dan penyedap
1 ruas kunyit
secukupnya terasi
12 bh keluwak, ambil isinya, sangrai hingga kering
17 bh bawang merah

Pelengkap untuk resep rawon setan khas Jawa Timur :
Secukupnya bawang goreng
Secukupnya timun cincang
Secukupnya Kerupuk udang
Tauge pendek, diseduh dan tiriskan
Telur asin, belah dua saja
Secukupnya Sambal terasi

Cara Membuat Resep Rawon Setan Khas Jawa Timur

Rebuslah tulang dan daging secara bersamaan sampai empuk dan matang terlebih dahulu, kemudian daging nya dipotong seukuran dadu atau sesuaikan dengan keinginan bunda saja. Sehabis itu tumis semua bumbu halus hingga tercium aroma harum tumisan tersebut. Setelah tercium aroma harum nya masukkan tumisan tadi kedalam rebusan daging tadi. Tutup panci nya dan gunakan api kecil saja agar mendapatkan tingkat kematangan daging yang sempurna. Apabila daging sudah empuk berarti Rawon Setan siap untuk disajikan. Mudah bukan?
Untuk cara penyajian nya Bunda siapkan mangkok, taruh didalam nya tauge secukup nya kemudian siramkan dengan kuah daging nya terlebih dahulu, kemudian atur daging jangan sampai terlalu banyak juga untuk setiap mangkok nya, kemudian taruhkan bawang goreng diatas nya, serta pelengkap lainnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Rawon Setan Khas Jawa Timur

0 komentar:

Posting Komentar