Resep Kue Timpan Pisang Khas Aceh

Resep Kue Timpan Pisang Khas Aceh
Resep Kue Timpan Pisang Khas Aceh

Resep Kue Timpan Pisang Khas Aceh Kue Timpan adalah salah satu kue khas dari Aceh. Kue yang satu satu ini dulu biasa nya wajib ada saat Lebaran Idul Fitri atau Lebaran Haji, dan sekarang kita bisa nikmati kue timpan yang satu ini kapan saja. Ada beberapa macam isi dari timpan ini, tapi yang paling terkenal adalah timpan isi srikaya.
Kalau ada diantara bunda yang belum mengetahui seperti apa timpan itu, jadi kalau bunda pernah tahu kue bugis atau bagi yang sudah mencoba Resep Kue Bugis Ketan Isi Unti Kelapa maka timpan hampir persis sama dengan kue bugis. Kalau bunda pengen tahu beda nya, yuk kita coba cara membuat Resep Kue Timpan Pisang Khas Aceh

Bahan untuk membuat kulit nya :
Gunakan daun pisang muda yg masih menggulung
100 ml Santan campur 2 sdm minyak untuk mengoles daun 
4 buah pisang barangan, di masak terlebih dahulu dengan santan kental ambil sebagian dari santan diatas 
500 gr labu kuning, kukus dan haluskan  terlebih dahulu
500 gr tepung ketan        
500 ml santan kental 1 butir kelapa        
Garam secukupnya    

Siapakan semua bahan diatas kemudian campurkan menjadi satu, kecuali santan, masukkan santan sedikit demi sedikit, sambil diuleni, hingga adonan menjadi kalis, kemudian sisihkan terleboh dahulu. Kemudian olesi daun pisang dengan campuran santan dan minyak. Setelah itu ambil adonan kira-kira satu sendok makan dan pipihkan, bentuk persegi panjang.
Kemudian letakkan isi, srikaya atau inti ditengah, kemudian gulung adonan nya menutupi isi srikaya atau inti tadi. Kemudian bungkus dan kukus selama  lebih kurang 20 – 30 menit.
Untuk isi bisa digunakan inti kelapa muda dengan gula putih atau srikaya

Bahan Membuat Srikaya 
6 Butir telur            
300 gr gula pasir            
500 ml santan kental
1 sdt jintan manis         
Garam secukupnya
          
Cara membuat  Srikaya 
Kocok lepas terlebih dahulu telur dan gula, kemudian masukkan santan dan garam. Masak adonan diwajan dengan api sedang sampai adonan mengental, kecilkan api aduk terus sampai agak kering dan adonan mulai berminyak. Setelah mulai keliatan berminyak angkat dan dinginkan adonan srikaya tadi. Srikaya siap digunakan untuk menjadi isi dari timpan.


      

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Timpan Pisang Khas Aceh

0 komentar:

Posting Komentar